Profil Administrasi Bisnis
Program Studi Administrasi Bisnis adalah bidang studi yang berfokus pada pengelolaan dan pengendalian berbagai aspek bisnis agar suatu organisasi atau perusahaan dapat beroperasi secara efektif dan efisien. Program studi ini mencakup berbagai disiplin ilmu seperti manajemen, keuangan, pemasaran, sumber daya manusia, operasional, dan kewirausahaan.
Visi Administrasi Bisnis
"Menjadikan program studi yang memiliki kompetensi di bidang administrasi bisnis berdasarkan pendidikan vokasi yang mandiri dan unggul sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat pada tahun 2024".
Misi Administrasi Bisnis
a. Menghasilkan lulusan professional dalam bidang administrasi bisnis yang mampu mengisi berbagai posisi di bidang administrasi bisnis.
b. Menyenggarakan pendidikan, penelitian terapan dan layanan kepada masyarakat dalam rangka pengembangan IPTEK untuk mendukung dan meningkatkan mutu bidang pendidikan tinggi profesional melalui kerjasama dengan industri, pemerintah dan masyarakat luas.
c. Mengembangkan suasana akademik di kalangan civitas akademika yang memungkinkan tercapainya produktivitas dan kualitas kerja yang tinggi.
d. Membangun moral, sikap dan etika yang baik berdasarkan kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Tujuan Administrasi Bisnis
Tujuan Program Studi Diploma Tiga Administrasi Bisnis adalah memberikan dan membekali para alumni berbagai kompetensi (afektif, koqnitif, psikomotorik) yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dan standar dunia kerja baik internal dan eksternal, termasuk tuntutan pasar kerja. Tujuan tersebut merupakan penjabaran dari misi Program Studi Diploma Tiga Administrasi Bisnis adalah :
a. Menyiapkan mahasiswa menjadi Ahli Madya yang memiliki kemampuan profesional dalam bidang administrasi bisnis yang mampu beradaptasi terhadap perkembangan teknologi.
b. Memberdayakan segenap potensi yang ada untuk meningkatkan kualitas pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
c. Mengembangkan sinergi dengan berbagai institusi dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat terutama masyarakat golongan ekonomi lemah.
d. Menyiapkan mahasiswa untuk memiliki moral, sikap dan etikayang baik berdasarkan kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Surat Keputusan
Capaian Pembelajaran
Adapun capaian pembelajaran dari Prodi Administrasi bisnis adalah sebagai berikut :
Kode CPL |
Deskripsi CPL |
Intergrasi SDGs & ESG |
CPL1 |
Lulusan mampu menunjukkan sikap religius, nasionalis, etis, serta bertanggung jawab secara mandiri dalam menjalankan tugas administrasi dan bisnis yang menjunjung nilai kemanusiaan dan keberlanjutan. |
SDG16, ESG : G |
CPL2 |
Lulusan mampu bekerja sama dalam tim lintas budaya dan fungsi, serta memimpin pelaksanaan tugas administrasi dan pemasaran dengan kepekaan sosial dan tanggung jawab kelompok. |
SDG5, ESG : S |
CPL3 |
Lulusan mampu melakukan komunikasi profesional secara efektif, baik dalam bahasa Indonesia maupun Inggris, dalam bentuk tertulis, lisan, maupun digital dengan mempertimbangkan perbedaan budaya dan nilai. |
SDG17, ESG: S |
CPL4 |
Lulusan mampu mengidentifikasi dan memecahkan masalah operasional bisnis dengan pendekatan logis dan inovatif berbasis data dan prinsip keberlanjutan. |
SDG9, ESG: S |
CPL5 |
Lulusan mampu mengelola dokumentasi bisnis digital secara aman dan bertanggung jawab untuk mencegah pelanggaran integritas dan plagiarisme. |
SDG4, ESG: G |
CPL6 |
Lulusan mampu menyusun laporan dan visualisasi data bisnis yang akurat, sahih, dan komunikatif dalam mendukung pengambilan keputusan strategis.
|
SDG8, ESG: G |
CPL7 |
Lulusan mampu merencanakan kegiatan, mengarahkan pelaksanaan tugas, serta mengevaluasi hasil kerja secara sistematis dan bertanggung jawab. |
SDG8, ESG:G |
CPL8 |
Lulusan mampu merancang dan menjalankan strategi pelayanan pelanggan yang berorientasi pada kepuasan dan keberlanjutan hubungan bisnis. |
SDG12, ESG:S |
CPL9 |
Lulusan mampu mencatat dan menyusun dokumen hasil rapat bisnis sebagai bentuk akuntabilitas tata kelola perusahaan. |
SDG16, ESG:G
|
CPL10 |
Lulusan mampu menyusun rencana penjualan dan strategi branding produk berbasis preferensi pasar dan tren sosial. |
SDG8, ESG:S |
CPL11 |
Lulusan mampu mengelola administrasi organisasi dengan efisiensi sumber daya dan prinsip-prinsip ramah lingkungan. |
SDG16, SDG4, ESG: E |
CPL12 |
Lulusan mampu merancang dan melaksanakan event yang mendukung pencapaian tujuan pemasaran dan membangun keterlibatan masyarakat |
SDG11, EDG: S |
CPL12 |
Lulusan mampu merancang dan melaksanakan event yang mendukung pencapaian tujuan pemasaran dan membangun keterlibatan masyarakat |
SDG11, EDG: S |
CPL13 |
Lulusan mampu menciptakan dan mengembangkan produk/layanan baru secara kreatif dengan memperhatikan nilai sosial dan keberlanjutan |
SDG8, EDG: S |
CPL14 |
Lulusan mampu melakukan survei pasar dan bahan baku secara sistematis untuk menentukan kelayakan usaha dan strategi operasional |
SDG9, EDG: G |
CPL15 |
Lulusan mampu mengurus perizinan dan memahami aspek hukum usaha serta menerapkan prinsip kepatuhan terhadap regulasi industri |
SDG16, EDG: G |